17 June 2019

Dropship : Cara Sukses Dropshipe di Marketplace 2019


Assalamualaikum teman-teman…
Dikesempatan kali ini saya akan memberikan informasi cara sukses dropship di marketplace. Sebelumnya, kita juga perlu tahu terlebih dahulu tujuan dibuatnya markektplace. Yup.. tujuaannya yaitu untuk mempertemukan penjual dan pembeli, jadi tidak mungkin dong membuat platform marketplace penjual dan pembeli di persulit kalau bisa semudah mungkin, dan seaman mungkin.

Ditengah – tengah penjual dan pembeli munculah makelar untuk berjualan atau Bahasa kerennya dropship hehee. Kita mencari produk di marketplace Tokopedia, kemudian kita ambil data-data nya seperti gambar, judul, harganya dan deskripsinya, kita upload lagi data-datanya di marketplace lain seperti Bukalapak atau Shoppe kita jual disitu.
Seiring berjalannya waktu, marketplace mengembangkan algoritma untuk memperkertat, siapa yang diperketan? dan kenapa diperketat? Yup.. betul sekali, yang dipertketat adalah dropship nya atau makelarnya. Kenapa diperketan? Karena banyak sekali pemain dropship spam artinya satu dropship bisa membuat puluhan toko atau ratusan toko, dan setiap tokonya bisa menjual produk hingga ribuan. Dengan banyaknya dropship spam, membuat kapasitas penyimpan pada server membesar sehingga marketplace membuat argoritma untuk memperketat dropship.
lalu bagaimana membuat dropship yang aman, yang bisa bertahan jangka panjang dan bisa dinikmati polanya adalah :
  1. Secara stok harus sama dengan supplier
  2. Tampilan harus berdeda dengan supplier
Kita harus menyamakan stok dengan supplier, kenapa? Karena jika kita tidak mngecek stok supplier, kemudian ada yang pesen produk kita tapi ternyata stok yang ada di supplier sudah habis, otomatis kita menolak orderan lama-lama rating toko menurun dan bisa bubar. Kemudian kita membuat tampilan toko yang menarik dan berbeda dengan supplier, sepuya seolah-oleh kita pedagang murni bukan droshipe.

Kemudian langkah-langkah membuat toko yang sehat yang bisa bertahan jangka panjang :
  1. Pilih Supllier yang bagus. Pilihlah supplier yang ratingnya bagus, responnya bagus, ulasannya baik, yang bisa resi otomatis.
  2. Produk tidak terlalu banyak. Lebih baik produk dibawah seribu, pilihlah produk yang ratingnya bagus, orderannya banyak, dan ulasannya baik.
  3. Toko yang menarik. Buatlah logo yang bagus, sampul yang bagus, deskripsi yang bagus supaya toko anda terkesan professional.
  4. Custom data produk. Perbaguslah data produk anda sperti judul produk, foto produk, deskripsi produk yang nyambung dengan produk dan informatif.
  5. Mengambil keuntungang produk. Naikan produk anda antara 10% - 30% dari harga supplier sesuaikan dengan produknya.
Nah itu dia acara sukses dropship di marketplace, semoga informasi yang saya share bisa bermanfaat untuk kalian semangat terus… Sampai jumpa, wassalamualaikum wr. wb.


No comments: